Sabtu, 23 Januari 2016

Kenapa Internet Indonesia Itu Lemot?



Koneksi internet indonesia. Sebuah topik yang sangat sangat sangat kontroversial bagi para netizen di indonesia. Kenapa? Karena internet indonesia, sangat bikin emosi. Persis seperti yang ditanyain petra ini, kenapa internet di indonesia itu lemot banget? Ngga kaya di negara tetangga? Ehem. Kenapa pak menteri? Apa jawabannya?

Yang pasti ngga ngga ngga, bukan karena tiangnya kurang tinggi atau gimana. Faktor pertamanya itu adalah infrastruktur. Ya, internet itu pada dasarnya, membutuhkan infrastruktur. Sebuah perusahaan harus membangun kabel telfon, kabel fiber optik hingga tiang pemancar yang harganya M-Man, hanya untuk bisa streaming video ini dengan lancar.

Perkembangan internet pun sebanding dengan infrastruktur lainnya. Jalan raya kita masih banyak yang bolong, jembatan masih banyak yang reot sampe bahkan masih banyak desa yang listrik aja ngga punya. Artinya apa? Membangun infrastruktur itu ngga murah, dan membutuhkan duit yang sangat banyak. Ya, alasan *chuckle* yang paling klasik.

Itu bedanya negara kita dengan negara tetangga. Duitnya. Provider internet adalah industri yang sangat sangat capital intensive. Artinya membutuhkan kantong yang tebel untuk mulai di bisnis ini. Tapi bentar, negara tetangga juga ngga lebih kaya dari kita, tapi kok internetnya bisa cepet ngga lemot? Ini alasannya:

Faktor geografis! Kadang2 kita lupa, negara kita itu luasnya luas banget. Belom lagi ada hutan rimba, gunung meletus, macan lepas, candi borobudur, cabe-cabean, sampe ombak yang bergulung. Artinya, kondisi geografis indonesia ini menciptakan tantangan tersendiri bagi kita untuk membangun infrastruktur. Ngga kaya negara tetangga.

Oke, ngga usah pake bahasa ekonomi ribet. Intinya aja nih, kita pengen bangun rumah, tapi kalo kita ngga punya duit, mana bisa kita bangun rumah. Karena bangun rumah itu mahal. Apalagi rumah kita banyak tantangan geografisnya. Jadilah rumah kita seadanya, seperti halnya kondisi internet indonesia.

Tentu saja ada, “pengecualian”. Tapi ada alasan juga kenapa pengecualian itu disebut pengecualian. Karena itu adalah pengecualian. Sedangkan yang kita bicarakan disini bukan pengecualian, melainkan secara keseluruhan. Jadi jangan pernah pamer speed internet di depan temen, karena itu lebih sensitif daripada nanyain orang tentang berat badan.

Jadi ya, kesimpulannya udah berkali kali kita denger di berita: “Internet indonesia terlemot di dunia”, Atau yang lebih bahagia dikit, “internet indonesia terlemot kedua di dunia”. Tapi itu berita beneran, silahkan cek sumbernya dibawah kalo ngga percaya.

Tapi apapun yang terjadi, jangan pernah benci internet. Karena internet adalah tempat yang keren. Sumber informasi, ensiklopedia gratis, tempat nyari video dangdut, kucing ngomong dan meme musiman yang ngga jelas. Jadi sekian untuk episode minggu ini, karena quota internet saya sudah mau habis. Terima kasih.

Previous Post
Next Post

Saya Adalah Seorang Pelajar, Saya awal membuat blog pada tahun 2013.

3 komentar:

  1. Wkwkwk cabe-cabean juga jga ngaruh.. . nice article gan...

    BalasHapus
  2. baru tahu juga kalau kondisi geografis indonesia juga berpengaruh terhadap kecepatan internet di indonesia..
    blower hp

    BalasHapus